Kunjungan Pengurus PGRI Sumatera Barat ke PGRI Kepulaun Mentawai - PGRI Sumatera Barat

PGRI Sumatera Barat

PGRI Provinsi Sumatera Barat

test banner

Kunjungan Pengurus PGRI Sumatera Barat ke PGRI Kepulaun Mentawai

Share This

Kunjungan Pengurus PGRI Sumatera Barat ke PGRI Kepulaun Mentawai

Ketua dan pengurus PGRI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Terpilih beserta Tim cabang khusus STKIP PGRI Sumbar berkunjung ke Dinas Pendidikan Kab. Kepulauan Mentawai pada Senin (10/2) dalam rangka silaturrahmi dan jemput Aspirasi ke Kab. Kepulauan Mentawai.


Pengurus PGRI Provinsi Sumbar yang berkesempatan hadir dalam acara silaturahmi kali ini dipimpin langsung oleh Ketua PGRI Darmalis, Wakil Ketua PGRI Ernela, Sekretaris UmumTrikora,  Biro Pembinaan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Jarudin, sementara Tim cabang khusus STKIP PGRI Sumbar diwakili oleh Elvi Zuriyani, Edwar Kemal. 


Kedatangan Rombongan disambut oleh Ketua PGRI Kab. Kepulauan Mentawai Suarno dan dibawa langsung ke tempat peristirahatan, Penginapan Jelita.  Ia mengajak rombongan untuk berdiskusi terkait kunjungan yang akan dilakukan ke Dinas Pendidikan Kab. Kepulauan Mentawai.  Berbagai macam ide dan informasi dikumpulkan untuk menjadi bahan diskusi dengan Dinas Pendidikan nantinya.


Diiringi hujan yang lebat,  tepat pukul 10.45 rombongan sampai di Kantor Dinas Pendidikan Kab. Kepulauan Mentawai. Kunjungan ini langsung disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kepulauan Mentawai A. Oreste Sakeru, Sekretaris Dinas Pendidikan,  dan Kepala Bidang SMP. Awal silaturahmi dibuka oleh Suarno,  S. Pd dengan memperkenalkan rombongan.

Selanjutnya, Ketua PGRI Provinsi Darmalis membuka silaturahmi dengan memperkenalkan tim sekaligus menanyakan beberapa hal penting terkait dengan pendidikan seperti kesejahteraan guru honorer,  peluang beasiswa dari tamatan SMA/SMK untuk kuliah,  kepengurusan PGRI Ranting dan Cabang di Kab. Kepulauan Mentawai. 

Sementara itu,   Jarudin diberikan kesempatan untuk mensosialisasikan kampus STKIP PGRI Sumbar. Ia menyampaikan beberapa kelebihan kampus STKIP PGRI Sumbar di bidang pendidikan, pengabdian dan penelitian.  Beliau menegaskan bahwasanya kampus STKIP PGRI Sumbar sudah berada di 100 besar dari 4000 lebih univesitas dan sekolah tinggi di Indonesia pada 3 bidang tersebut. Ia juga menegaskan bahwa banyak mahasiswa STKIP PGRI Sumbar berasal dari kepulauan Mentawai dan juga kampus sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab. Kepulauan Mentawai. 

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kepulauan Mentawai mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungan silaturahmi ini.  Terkait dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh Ketua PGRI Provinsi Sumbar,  Ia menyampaikan beberapa catatan.  Pertama, mengenai PNS Guru dan Honorer.  Terkait dengan PNS, kuota tersebut selalu diusulkan dan hak kewajiban mereka itu sama dengan daerah lain.  Mengenai Honorer,  ada 4 jenis Honorer di kepulauan mentawai ini,  yaitu honorer kontrak dengan SK dari Pemerintah Pusat,  Honorer Pemda,  Honorer yang diangkat oleh Sekolah dan honorer yang belum kontrak.  Pendapatan mereka semuanya bervariasi tergantung tempat dan jenis pekerjaan.  Selanjutnya,  beliau juga menyampaikan bahwasanya setuju dengan pembentukan pengurus PGRI baik di tingkat Cabang dan Ranting. Terakhir, Ia menegaskan betapa pentingnya program sertifikasi guru setelah mahasiwa tamat kuliah.  Program ini sangat membantu tamatan untuk lolos tes PNS dan sertifikasi guru. "Semoga aspirasi ini bisa dibawa ke tingkat pusat supaya dibuatkan suatu aturan yang jelas," harapnya. 

Diakhir pertemuan,  acara silaturahmi dan jemput aspirasi ini ditutup dengan jamuan dan foto bersama. Kedua belah pihak sepakat untuk selalu bekerjasama untuk meningkatkan dunia pendidikan di Kab. Kepulauan Mentawai.

Pages