Meriahkan HUT PGRI ke 74 dan HGN ke 25, Pemkab Limapuluh Kota Gelar Porsenag - PGRI Sumatera Barat

PGRI Sumatera Barat

PGRI Provinsi Sumatera Barat

test banner

Meriahkan HUT PGRI ke 74 dan HGN ke 25, Pemkab Limapuluh Kota Gelar Porsenag

Share This

Meriahkan HUT PGRI ke 74 dan HGN ke 25, Pemkab Limapuluh Kota Gelar Porsenag

Dalam rangka memeriahkan hari jadi PGRI ke 74 dan hari jadi Guru ke 25 Pemkab Limapuluh Kota menggelar Pekan Olahraga Seni dan Agama (Porsenag) tingkat Kabupaten Limapuluh Kota di Nagari Maek, Kecamatan Bukik Barisan, Senin (16/12).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Limapuluh Kota, Ir.H Irfendi Arbi, M.P yang pada saat itu didampingi oleh beberapa kepala OPD di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota.

Dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Guru tersebut dibuka dengan Upacara pembukaan yang dilanjutkan persembahan tarian kolosal yang dibawakan oleh anggota PGRI Kecamatan Bukik Barisan dan diteruskan dengan Parade dan Defile kontingen PGRI dari 13 kecamatan yang ada di kabupaten Limapuluh Kota.
Dalam laporannya, Ketua pelaksana Yanuar mengatakan kegitan Porsenag tersebut merupakan kalender tahunan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Limapuluh Kota di bawah komando Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
"Kegiatan ini merupakan acara tahunan, pada tahun ini porsenag dilaksanakan di Kecamatan Bukik Barisan. Kegiatan ini akan berlangsung beberapa hari kedepan dan akan diikuti oleh 13 kecamatan di kabupaten Limapuluh Kota," ujarnya.
Ia mengatakan kegiatan Porsenag ini akan nantinya akan memperlombakan beberapa cabang kegiatan diantaranya sepak bola antar kecamatan, lomba kesenian, dan perlombaan dalam bidang keagamaan seperti mengaji dan perlombaan lainnya.

Sementara itu, Pengurus PGRI Sumatera Barat, Darmalis yang juga hadir pada saat itu sangat mengapresiasi kegiatan Porsenag yang diselenggarakan Pemkab Limapuluh Kota itu. Ia mengatakan kegiatan ini pada umumnya dilaksanakan oleh seluruh Pemkab/Pemko di Sumatera Barat namun di Limapuluh Kota pelaksanaan kegiatan ini berbeda dengan daerah lainnya.
"Ini patut kita apresiasi, dimana kegiatan ini juga diselenggarakan oleh daerah lainnya di Sumbar, namun di Kabupaten Limapuluh Kota saya melihat kegiatan ini memasukan kegiatan keagamaan didalam acara tahunan ini, dan ini patut di contoh oleh daerah lain," ujarnya.
Semenetara itu Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutanya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan dalam rangka memeriahkan HGN ke 25 dan HUT PGRI ke-74 ini. Diharapkan dengan acara ini seluruh guru yang tergabung dalam PGRI di Kabupaten Limapuluh Kota semakin maju dan kompak dalam menciptakan generasi yang berilmu pengetahuan di Limapuluh Kota.
"Setidaknya dengan kegiatan ini, para guru se kabupaten Lima Puluh Kota, baik guru PNS atau non PNS bisa bersilaturahmi dan berbagi ilmu. Kegiatan serupa ini juga bisa jadi ajang reuni  bagi guru yang dulunya satu sekolah, baik masa di sekolah maupun setelah sama-sama di perguruan tinggi," ujarnya.
Di kesempatan itu ia juga menghimbau kepada seluruh guru di Kabupaten Limapuluh Kota untuk terus bersemangat dalam memberikan ilmu kepada generasi penerus di Kabupaten Limapuluh Kota.
"Saya meminta kepada seluruh guru, kangan pernah mundur dalam mendidik anak-anak kita, jangan jadi persoalan keuangan sebagai penghambat. Saya berkeyakinan apabila kita iklas pasti Allah SWT akan memberikan jalan," tegasnya.
Tak lupa orang nomor satu di Kabupaten Limapuluh Kota tersebut juga mengajak guru untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan di manapun berada. "Guru ini adalah contoh tauladan di namapun berada, oleh sebab itu kita sebagai pengajar harus memberikan contoh yang baik dengan terus menjaga persatuan dan kesatuan," sambungnya.
Terakir Irfend mengajak seluruh peserta Porsenag tersebut untuk terus kompak dan menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding pada ajang tahunan tersebut. "Selamat bertanding kepada seluruh guru, terus semangat, jaga kekompakan dan junjung sportivitas,"pungkasnya
















Sumber:

Foto: Dokumentasi PGRI Provinsi Sumatera Barat



Pages