STKIP PGRI Sumatera Barat Gelar Halal Bihalal - PGRI Sumatera Barat

PGRI Sumatera Barat

PGRI Provinsi Sumatera Barat

test banner

STKIP PGRI Sumatera Barat Gelar Halal Bihalal

Share This

Keluarga besar STKIP PGRI Sumatera Barat gelar acara Halal bil Halal 1440 dengan cukup meriah.  Kegiatan yang dihelat di Aula Gedung STKIP PGRI Sumatera Barat, Jl. Gunung Pangilun Padang berbeda dengan kegiatan Halal bi Halal tahun sebelumnya. Karena selain dihadiri oleh seluruh civitas akademika STKIP PGRI Sumatera Barat, namun dihadiri juga oleh Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof.Unifah Rosyidi beserta Dr. Ir. Ahmad Wahyudi, SH. MH, sekaligus bertindak sebagai penceramah agama pada kesempatan itu. Selain itu, juga hadir Pengurus PGRI Provinsi Sumbar, Zainal Akil, S.Pd, Pengurus PGRI Kabupaten/kota se Sumatera Barat serta Kapolsek Nanggalo beserta tim. Kegiatan tersebut mengusung tema " Dengan Halal bi Halal Kita Perkuat Ukhuwah Islamiyah".



“Tanpa kepemimpinan yang kuat dan kokoh, tanpa kebersamaan, tanpa integritas dan komitmen seluruh unsur pimpinan, tidak mungkin STKIP PGRI Sumatera Barat sampai pada posisi yang ada sekarang,” sebut Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof.Unifah Rosyidi. Ia juga menyebutkan bahwa dari 53 kampus yang ada di PGRI dan tersebar di seluruh Indonesia, kampus yang berada di luar Jawa yang paling membanggakan adalah kampus STKIP PGRI Sumatera Barat. “Menjadi perguruan tinggi satu-satunya yang berada pada Klaster Utama dalam bidang penelitian bukanlah sesuatu yang mudah, tanpa adanya leadership yang bagus dari pimpinan kampus dan menjadikan kepercayaan masyarakat sebagai modal utama untuk meraih keunggulan,” jelasnya. Ia menghimbau kepada seluruh dosen untuk terus berkarya dan harus merasa bertanggung jawab untuk membesarkan kampus agar selalu menjadi kampus yang membanggakan dan terpuji. PGRI mendirikan kampus-kampus tentu karna memiliki misi utama. STKIP PGRI merupakan kehormatan bagi PGRI. “PGRI selalu mendorong dan mendukung STKIP PGRI Sumatera Barat untuk terus melompat, terus maju untuk bertransformasi menjadi Universitas dan PGRI akan memfasilitasi itu agar itu terjadi” tegas Unifah. “ Saya mengajak kita semua secara bersama-sama untuk membangun kampus kebanggaan kita yaitu STKIP PGRI Sumatera Barat.” tutupnya.


Ketua yayasan, Dasrizal dalam sambutan menyampaikan bahwa capaian dan kemajuan STKIP PGRI Sumatera Barat ini memang tidak dapat diragukan lagi, dan menjadi perguruan tinggi satu-satunya di LL Dikti Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri)  yang raih klaster utama dalam bidang penelitian. “Dengan semangat yang kuat serta dukungan para dosen dan civitas akademika, tahap demi tahap STKIP PGRI Sumatera Barat dapat berkembang, termasuk juga dengan dibangunnya gedung STKIP PGRI Convention Centre (SCC) yang menjadi bagian Income generiting bagi STKIP PGRI Sumatera Barat saat ini," jelas Dasrizal. Perjalanan panjang yang dilakukan STKIP PGRI Sumatera Barat ini tidak lain ingin memberikan kontribusi besar di bidang peningkatan mutu pendidikan di Sumbar dan juga daerah lain. "Jadi, dengan melihat berbagai kemajuan yang ada, pantas kiranya perguruan tinggi ini bertransformasi menjadi sebuah universitas," katanya.

Sementara itu, Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Zusmelia mengaku cukup bangga atas acara Halal bi Halal yang diadakan hari itu. Karena selain hadirnya seluruh para dosen atau staf pengajar, karyawan di kampus itu. Juga hadirnya puluhan pengurus PGRI se Sumbar, tidak terkecuali pembina dan ketua yayasan. "Ini momen yang istimewa dan luar biasa bagi STKIP PGRI Sumatera Barat. Sebab, dalam Halal bi Halal ini hadir langsung Ketum PB PGRI dan pengurusnya, serta seluruh pengurus PGRI se Sumbar. Ini pertama kali bagi kami," kata Zusmelia.

Halal bi Halal ini bisa dikatakan lebih maju karena bisa undang keluarga besar PGRI se Sumbar.Dengan diundangnya keluarga besar PGRI se Sumbar, selain dapat mempererat ikatan Ukhuwah Islamiyah, juga ingin memperlihatkan quality improvement (kemajuan-kemajuan) yang dialami kampus tersebut dalam dua dekade belakangan. "Kebersamaan STKIP PGRI Sumatera Barat ini dengan pengurus PGRI se Sumbar tentunya makin meningkatkan kerjasama yang kuat di Sumbar," sebut Zusmelia.

"Kami yakin STKIP PGRI Sumatera Barat sebuah perguruan tinggi yang sehat. Buktinya banyak prestasi yang diraih sekolah tinggi ini, baik secara regional maupun nasional," yakin Zusmelia. Apa yang disampaikan itu tidak bisa terbantahkan, ini dibuktikan bahwa perguruan tinggi ini mendapat posisi klaster utama untuk jajaran perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang penelitian. Pada tahun jamak ini STKIP PGRI Sumatera Barat mendapatkan dana untuk riset dari Kemenristek Dikti melalui LL Dikti sebesar Rp 6,8 miliar. "Ini menjadikan kampus kami terbanyak penerima dana riset itu di Sumatera," ungkap Zusmelia lagi.

Prestasi yang ditorehkan STKIP PGRI sambung dirinya, juga bisa dilihat dengan dijadikannya STKIP PGRI Sumatera Barat sebagai satu-satunya tim penjamin mutu yang dipakai Dirjen Penjamin Mutu Kemenristek Dikti. Di sisi lain, Zusmelia juga menegaskan kemajuan yang terlihat di STKIP PGRI Sumatera Barat juga sebagai jawaban dalam menghadapi Era 4.0 sekarang yang menekankan agar kampus itu memperluas jejaringnya ke berbagai aspek dan berbagai perguruan tinggi lainnya. "Ini menjadikan STKIP PGRI Sumatera Barat terus menjaga social capital-nya. Soalnya dalam jaga social capital itu ada tiga unsur yang harus dipenuhi yakni derajat kepercayaan masyarakat, hubungan timbal balik, kemudian networking yang kuat. Ini yang terus dibangun STKIP PGRI Sumatera Barat sampai hari ini," kata Zusmelia.























Pages