Pengabdian masyarakat STKIP PGRI, penyuluhan pemanfaatan pensi - PGRI Sumatera Barat

PGRI Sumatera Barat

PGRI Provinsi Sumatera Barat

test banner

Pengabdian masyarakat STKIP PGRI, penyuluhan pemanfaatan pensi

Share This

Pengabdian masyarakat STKIP PGRI, penyuluhan pemanfaatan pensi


Kerang Corbicula sumatrana merupakan salah satu hewan bentos yang mendiami dasar perairan yang berlumpur dan berpasir.
Jenis kerang ini dipanen oleh masyarakat dalam jumlah yang banyak karena merupakan salah satu jenis makanan yang enak rasanya.

Di Sumatera Barat mengenal kerang ini dengan istilah pensi. Selain dijual sebagai pensi yang masih utuh, juga dijual dalam bentuk tanpa cangkang.

Pensi ini merupakan satu sumber makanan yang praktis, dan enak sebagai pengganti protein hewani lain.

Sehubungan dengan hal di atas beberapa penelitian telah dilakukan dan hasil penelitian diupayakan untuk disosialisasikan ke masyarakat maka perlu dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat tentang keberlangsungan populasi hewan ini dan pengolahan yang hiegenis dan bervariasi.

Pemanfaatannya yang berkesinambungan dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar Danau Singkarak.

Pengabdian dilakukan pada Sabtu tanggal 14 Juli 2018 pada kelompok nelayan dan ibu ibu di Nagari Tikalak Kecamatan X Koto Singkarak Solok.

Kegiatan ini dilakukan guna mensosialisasikan dan memberikan penyuluhan tentang variasi olahan daging kerang yang berbeda dari olahan biasa (tumis dan sop) serta cara pengolahan yang hiegenis.

Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Dosen STKIP PGRI Sumatera Barat yang berjumlah 4 orang dan 1 orang mahasiswa.

Kegiatan pengabdian dosen ini sangat didukung oleh pimpinan institusi.

Pada penyuluhan ini terlihat antusiasnya masyarakat dengan adanya variasi olahan daging kerang berupa dendeng dan nuget daging kerang.

Masyarakat sangat berterima kasih kepada pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat (ibu Dr. Zusmelia, M.Si. Ibu Sri Imelwaty, Ph.D. dan Bapak Jarudin, Ph.D.) yang telah mengirimkan Tim Pengabdian.

Masyarakat berterima kasih karena STKIP PGRI Sumatera Barat telah memberikan kontribusi dalam mencari sumber daya alam yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat selingka Danau Singkarak.

Pengabdian ini dikomandoi oleh Dr. Armein Lusi Zeswita, dengan anggota tim Elza Safitri, M.Si. Lora Purnamasari, M.Si dan Yosmet Hidayat, M.Si. (*)

*Penulis merupakan dosen prodi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat, saat ini berkecimpung pada penelitian hewan bercangkang seperti kerang.
Pewarta : 
Editor: M R Denya

Sumber: https://sumbar.antaranews.com/berita/230741/pengabdian-masyarakat-stkip-pgri-penyuluhan-pemanfaatan-pensi

Pages